Monday, 26 December 2016

5 Cara meningkatkan motivasi guru dalam mengajar

5 Cara meningkatkan motivasi guru  dalam mengajar Baru baru ini saya kehilangan  semangat  dalam mengajar.  Saya tidak tau bagaimana  d... thumbnail 1 summary

5 Cara meningkatkan motivasi guru  dalam mengajar


Baru baru ini saya kehilangan  semangat  dalam mengajar.  Saya tidak tau bagaimana  dapat meningkatkan motivasi saya dalam mengajar. Sudah seminggu ini  saya mengajar siswa siswa di sekolah dengan sedikit atau bahkan tanpa semangat mengajar.

Hasilnya sangat sederhana ya,  siswa tidak benar benar mendapatkan  perhatian dari guru. Siswa tidak benar benar menerima materi pelajaran dengan baik.  Siswa seperti belajar tanpa seorang  guru yang dapat memberikan fasilitas pembelajaran  yang baik.

Tapi siswa tidak akan pernah bisa protes dan menyalahkan guru.  Yang mereka rasakan hanyalah kondisi berbeda dengan kondisi normal yang semestinya  iya rasakan dalam kelas.  1 minggu bukanlah waktu yang singkat.  Ada banyak ilmu yang seharusnya dapat diperoleh oleh siswa dalam waktu 1 minggu.

Semangat  itu hilang tak kala saya mulai bosan.  Saya bosan mengajar dan merasa bahwa apa yang saya telah ajarkan tidak dapat diterima dengan baik.  Saya bosan ketika saya tidak melakukan apa yang semestinya guru lakukan.  Saya kehilangan kepercayaan  diri saya dalam mendidik.  Saya terganggu oleh kondisi di luar sekolah.  Dan itu semua membuat motivasi dalam mendidik dan mencerdaskan anak anak bangsa menghilang lenyap seperti ditelan oleh bumi.

Lalu bagaimana itu semua diatasi?
Bagaimana cara agar motivasi ku dapat kembali?  Sebuah motivasi untuk kembali mendidik siswa siswa sekolah dengan penuh semangat.  Karena dengan semangat  tinggi dalam mendidik akan membuat siswa juga mendapatkan semangat  yang sama

Saat itu aku bilang  pada diri ku sendiri.  "aku sudah salah dengan tidak bersemangat  dalam mengajar" aku salahkan diri ku sendiri.  Walau ego yang memimpin otak ku menyampaikan bahwa "aku tak salah,  ini wajar kamu mendidik siswa  siswa  yang sulit untuk  memahami materi yang kaku sampaikan".

Namun kini motivasi ku dalam mendidik telah kembali.  Berkat 5 cara yang saya terapkan.  Berikut ini merupakan 5 cara meningkatkan motivasi guru dalam mengajar:

1. Carilah alasan yang kuat mengapa anda menjadi guru.

Tanyakanlah pada diri anda mengapa anda menjadi guru? Carilah jawaban yang kuat? Ingat kembali mengapa anda menjadi guru  jawaban pertanyaan pertanyaan yang dapat memberikan alasan anda menjadi guru.  Hal itu karena motivasi adalah alasan.  Alasan anda untuk melakukan sesuatu.  Dengan mengetahui dan mengingat kembali alasan anda maka anda akan kembali termotivasi dalam melakukan sesuatu.  Beneran.  Mari kita coba.

2. Carilah inspirasi


Inspirasi bisa datang  dari mana saja anda hanya perlu untuk mencarinya.  Bahkan jika tidak mencari anda dapat memperolehnya tanpa sengaja.  Inspirasi akan membuat mu merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu.  Melakukan hal hal hebat yang sama dengan yang dilakukan oleh orang lain.
Pada saat itu saya terinspirasi dari teman saya.  Yang walaupun  mengajar di daerah pedalaman Papua dan terpencil dia masih dapat menceritakan betapa menyenangkan mengajar siswa dengan semangat.  Dia menceritakan bahwa ada kebahagiaan tersendiri ketika dapat membuat siswa tersenyum dalam kelas dan kemudian memahami materi yang telah di jelaskan.
Jadi ayo mulailah cari inspirasi,  biarlah cerita cerita menyentuh bacalah biografi orang orang hebat. Tentu sekarang kamu dapat memperolehnya dengan mudah.  Kamu bisa cari dari tabloid atau bahkan artikel di internet. Mari kita cari inspirasi kita.

3. Buatlah tujuan yang realistis dalam mengajar.


Menentukan tujuan artinya menciptakan target.  Seseorang yang mempunyai  target akan melakukan berbagai upaya untuk mencapai target yang telah dia tetapkan.  Target tidak perlu tinggi  tinggi.  Yang terpenting realistis dan dapat tercapai.  Contoh sederhana saat itu saya menetapkan tujuan bahwa siswa saya harus bisa melakukan penjumlahan dalam waktu satu minggu.  Maka untuk mencapainya  saya benar benar berusaha dengan serius.  Berusaha keras untuk  mendapatkannya. Dan penting juga di ketahui  tujuan yang telah di tetapkan juga akan baik jika di batasi oleh waktu. Maka terapkan lah waktu untuk mencapai tujuannya.

4. Rencanakan tindakan yang akan kamu lakukan kedepan.


Orang yang berjalan tanpa arah akan lebih berat dalam mencapai tujuannya dibandingkan dengan orang yang sudah menetapkan arah tujuan.  Menetapkan arah sama dengan merencanakan tindakan yang dilakukan.  Merencanakan tindakan artinya kamu membuat langkah langkah atau blue  print  dari kegiatan yang kamu lakukan.  Dengan begitu kamu akan tau apa yang harus di lakukan.  Tidak mudah malas untuk  terus berusaha.

5. Bercerita dengan sahabat terbaik mu tentang masalah yang membuat mu tidak bersemangat.


Seperti kita ketahui bahwa semangat atau motivasi mengajar  hilang  karena adanya masalah.  Benar atau salah,  dengan  bercerita dengan orang lain tentang masalah kita bisa membuat kita tenang.  Lebih lanjut motivasi kita akan meningkat apabila mendapatkan saran yang baik dari teman kita.  Itu adalah salah satu cara yang saya lakukan.  Saya menceritakan masalah tentang sulitnya mendidik siswa.  Dan saya sampaikan bahwa itu membuatku kehilangan semangat.  Namun saran dari teman ku membuat aku kembali termotivasi.  Satu hal penting yang saya ingat "kita guru bukanlah tuhan, yang dapat mengubah seseorang dengan sekejap,  lakukanlah apapun yang kamu bisa dengan maksimal".

Demikian 5 hal yang dapat saya jelaskan tentang cara meningkatkan motivasi.  Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment