Friday, 25 March 2016

Cara meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat

Pada kesempatan kali ini,   saya ingin sedikit membagikan pengetahuan tentang cara mening... thumbnail 1 summary




Pada kesempatan kali ini,  saya ingin sedikit membagikan pengetahuan tentang cara meningkatkan kemampuan otak kita. Jika kalian ketahui otak kita semakin lama atau semakin tua akan mengalami penurunan kualitas yang disebabkan oleh masa atau waktu. Waktu atau usia yang lebih tua akan menggerus kemampuan kita sedikit-demi sedikit. Oleh sebab itu aktikel ini akan memberikan atau mengulas cara menanggulangi kelemahan dalam otak untuk mengingat.
Proses menginat sangat penting bagi kita, bagi pelajar proses mengingat sering digunakan untuk menambah pengetahuan tentang pelajaran yang sedang di pelajari, bagi seorang guru mengingat menjadi penting untuk dapat memberikan peajaran kepada siswa dengan baik, sementara bagi apoteker mengingat sangat penting, jika sampai salah dalam mengingat obat tertentu, bisa-bisa mencelakakan orang lain. Meskipun menginat adalah hal yang sangat penting, dengan bertambahnya usia, kemampuan otak manusia cendrung ke arah penurunan. Semakin tua kita atau usia kita semakin sulit untuk mengingat sesuatu. Bukankah kita sering mengatakan “dimana ya, saya tadi meletakkan kunci kendaraan”, atau “aduh, aku lupa sama nama kamu” dan sebagainya. Turunnya kemampuan otak akan berdampak negatif bagi kinerja seseorang. Kinerja yang menurun tentu tidak diharapkan oleh siapapun. Oleh sebab itu diperlukan solusi untuk meningkatkan kemampuan otak kita dalam mengingat.
Pada prinsipnya meningkatkan kemampuan otak dilakukan dengan cara melatihnya secara rutin.  Dalam bukunya Scott Hagwood 2012 mengatakan bahwa ingatan seseorang sama seperti sebagian besar anggota tubuhnya. Latihlah maka akan semakin kuat. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa otak sejatinya sama seperti dengan manusia punya tangan dan kaki. Jika seseorang ingin mempunyai tanggan yang kuat maka dia melatihnya dengan push up, angkat barbel dan lainnya. Atau jika seseorang ingiin kakinya kuat untuk berlari jauh, maka dia melatih kakinya dengan berlari. Otak juga sama, jika seseorang ingin otakknya mampu bekerja dengan baik dalam mengingat khususnya, maka lakukanlah latihan mengingat. Selanjutnya saya akan jelaskan step pertama yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.
Ingatan adalah proses alamiah dalam tubuh kita, semakin sering kita menggunakan maka semakin baik otak kita. Proses alamiah disini adalah proses dimana otak dibuat untuk terbiasa menerima informasi dan menyimpannya. Latihan yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan panduan ingatan. Panduan ingatan dapat dilakukan dengan cara:
Menulis jurnal harian tentang kegiatan sehari-hari
Mungkin ini hampir sama dengan diary, tapi benar dengan menuliskan jurnal harian kegiatan sehari-hari dapat membuat otak anda easy to remember somethings. Saya melakukan hal tersebut setiap hari, dan hasilnya sangat memuaskan bagi saya.
Contoh: “hari ini adalah tanggal 4 februari, pada hari tersebut saya ingat bahwa saya pergi ke kampus untuk bertemu dengan teman saya. Saya membuat janji pada jam 12, saat bertemu saya berbincang sedikit tentang program Organisasi di kampus kami, saya memberikan saran untuk dapat meningkatkan program-program organisasi dengan cara mengadakan pelatihan bagi para anggota organisasi. Temanku saat itu setuju dengan saran yang ku sampaikan dan memutuskan untuk mengadakan pelatihan tersebut pada awal Januari 2016. Sungguh senang aku bisa memberikan masukan dan diterima olehnya. Setelah bertemu dengan teman dan menyelesaikan diskusi singkat kami, saya berencana bertemu dengan dosenku, saya ingat saat ingin bertemu, saya terlebih dahulu melihat beliau dari balik jendela. Namun saat hendak bertemu saya perhatikan bahwa beliau sedang sibuk dengan beberapa mahasiswa bimbingan skripsi, jumlah pastinya saya tindak ingat tapi banyak.

Sepenggal tulisan diatas memang tidak rinci, karena saya memang tidak ingat semua hal, seperti apa baju yang dikenakaan temanku saat bertemu dan kita berdiskusi, saya juga lupa ada siapa saja yang disekitar kami saat kita sedang berdikusi, lebih lanjut saya juga tidak mampu untuk menginat warna dari pakaian dosen saya serta motif kerudung yang beliau kenakan. Namun itu semua tidaklah mengapa, yang diperlukan adalah latihan untuk menggunakan otak anda mengingat sesuatu.
Lebih lanjut setelah anda mulai untuk menulis dengan sumber daya ingatan seadanya, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan memilah dan mengurai cerita anda. Jadi, mulailah meninjau dan melihat cerita yang telah anda tulis, kemudian cobalah sisipkan detai-detail data yang kiranya bisa anda sisipkan.Apakah saya ingat dengan lokasi anda bertemu dengan teman saya? Apakah saya ingat dengan cuaca pada saat bertemu dengan teman saya? Apakah saya ingat dengan pembicaraan rinci saya dengan teman saya? Apakah saya ingat dengan warna dari tembok atau hal-hal rinci disekitar saya tadi? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dapat menggali informasi secara lebih jauh.
Terakhir analisislah cerita yang kamu ketahui dengan apa, kamu memperolehnya. Diketahui bahwa sebearnya kita mendapatkan infomrasi dari seluruh indra kita, semakin banyak indra kita bekerja maka semakin kuat kemampuan mengingat kita. Saya telah sediakan dibawah ini tabel, kotak unsur untuk membantu anda dalam menganalisis cara anda mengingat.
UNSUR
YA
TIDAK
Sentuhan


Cita Rasa


Pandangan


Suara


Aroma


Emosi


Tindakan



Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment